AMSA-Universitas Syiah Kuala

Background

Pasca terjadinya gempa dan tsunami di Aceh pada 26 Desember 2004, delegasi AMSA mengadakan pertemuan di Jepang dan membentuk kepanitiaan untuk dikirim ke Aceh. Setelah itu, Overall Chairperson AMSA Internasional bertemu dengan BEM FK Unsyiah. Yose Waluyo yang bekerja di AMDA bertemu dengan BEM FK Unsyiah membicarakan pembentukan AMSA di FK Unsyiah, dan ternyata BEM FK Unsyiah mengizinkan pembentukan AMSA. Kemudian struktur presidium AMSA dibentuk dan AMSA FK Unsyiah menjalankan program-program AMDA.

AMSA FK Unsyiah mulai terbentuk pada bulan Mei 2005 AMSA FK Unsyiah menjadi observer dengan pembimbing AMSA-UI selama 1 tahun. Pada tanggal 15 Juli 2006, AMSA FK Unsyiah menjadi FULL MEMBER AMSA INDONESIA, dan mencanangkan sebagai tanggal lahirnya AMSA FK Unsyiah.
Kini AMSA-Unsyiah telah sah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Kedokteran Unsyiah

 

Vision

AMSA-Unsyiah sebagai wadah bagi member untuk mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat member serta memberikan aksi yang nyata ke masyarakat luas berdasarkan filosofi friendship, action, dan knowledge.

 

Mission:

1. Meningkatkan rasa kekeluargaan antar member sehingga terwujudnya organisasi yang solid, masif, dan sistematis.
2. Mewadahi kreasi dan inovasi bagi para member untuk melahirkan mahasiswa yang unggul dan kompeten sehingga dapat meningkatkan kinerja AMSA-Unsyiah.
3. Meningkatkan eksistensi dan kerja nyata AMSA-Unsyiah bagi masyarakat luas.

 

Organizational Structure

Presidential Board
• Representative : Nailun Afif
• Vice Representative : Syafiq Aufa
• General Secretary : Dinda Aulia R
• Treasurer : Annisa Raihani

Executive Board
• Academic
Chief: Intan Qanita
Secretary: Atsya Fatimah
• Membership and Development (MnD)
Chief: Alif Al-Mathari
Secretary: Cut Ruhurrifati
• External
Chief: Fathin Arrinnidinni
Secretary: Tasya Dafa A
• Basic Life Support (BLS)
Chief: Johansyah
Secretary: Hani Balqies
• Finance
Chief: Rifkatunnisa
Secretary: Nadia Ayunda
• Publication and Promotion (PnP)
Chief: Deza Rosiva AR
Secretary: Sherina Arfi F
• Community Outreach (CO)
Chief: Fonna Indriyani
Secretary: M Ridho A Eljatin

Advisory Board
Alief Afrisiammy Wijaya
Teuku Avicenna
Irvan Rizki
Dera Senti Agchani
Sekar Ayu Utari K

Featured Work Programs :

MASATER
(AMSA Social, Action, Training, Education, and Recreation)
Sebagai Mahasiswa Fakultas Kedokteran sudah seharusnya ikut andil dalam memeratakan kesehatan kepada masyarakat luas. AMSA-Unsyiah menyelenggarakan kegiatan berupa bakti sosial yaitu MASATER (AMSA Social, Action, Training, Education, and Recreation) di berbagai kecamatan setiap tahunnya. Masater merupakan acara terbesar dari Departemen CO.

Acara yang sudah berjalan selama 8 tahun terakhir ini memiliki berbagai macam rangkaian acara, dengan acara utamanya ialah Pengobatan Massal dan Sunatan Massal secara GRATIS. Selain itu beberapa rangkaian lainnya; Dokter cilik, BLS atau Bantuan Hidup Dasar, Penyuluhan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), Penyuluhan NARKOBA, Home Visit, Lomba Adzan dan Lomba Pidato.

Pada acara Pengobatan Massal, kami membuka kesempatan bagi para warga untuk bisa berobat secara gratis dengan mengundang dokter spesialis. Sebelum berobat para warga dianamnesis terlebih dahulu dan diperiksa juga tensinya oleh panitia MASATER, setelah itu baru mereka diarahkan ke poli poli yang sesuai dengan keluhannya. Lalu pada acara Sunatan Massal, kami juga mengundang dokter spesialis dan PPDS untuk melakukan sirkumsisi, panitia juga diberi kesempatan untuk menjadi asisten 1 dan 2.

Program edukasi Dokter Cilik ditujukan kepada anak-anak SD agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah,di rumah dan lingkungannya. Selanjutnya, pentingnya mengedukasi masyarakat awam mengenai Bantuan Hidup Dasar kepada masyarakat awam dengan cara melatih untuk mengenali dan melakukan bantuan dasar keadaan gawat darurat. Penyuluhan juga dilakukan kepada remaja mengenani gerakan Anti-Narkoba. Selain itu pentingnya mengetahui bagaimana cara melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri untuk menghindari maraknya penyakit kanker payudara pada zaman sekarang ini, sehingga kami melakukan penyuluhan SADARI kepada remaja putri dan ibu-ibu. Kami juga mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberi edukasi dan memeriksa tensi masyarakat. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat memberikan banyak efek pada seluruh lapisan masyarakat di kecamatan-kecamatan yang telah dan akan kami kunjungi, terutama di bidang kesehatan sehingga turut meningkatkan kesejahteraan masyarkat di sana.

Social Media
Instagram : @amsaunsyiah
Line Official Account : @pel5348o
Twitter : @amsaunsyiah
Youtube channel : AMSA Unsyiah
Website : amsaunsyiah.com

Contact

Representative: Nailun Afif
Phone number: 082365506008